Pages

9.7.15

JAPAN TRIP: DAY 1 Welcome to Osaka - Umeda!

Finally, I'm writing my daily journey post about my recent trip to Japan. It took me a while to battle my laziness and write this day 1 post (oh my, there are still 13 left, plus several pending food reviews). Mari kita mulai perjalanan ini! 29 April 2015, saya mendarat di KIX (Kansai International Airport) - Osaka sekitar jam 8 pagi. Setibanya di airport, saya menyelesaikan berbagai kegiatan seperti melewati imigrasi, mengambil bagasi, dan juga mengambil pesanan sim card saya yang saya request untuk dikirim ke kantor pos di KIX. Karena kantor pos baru buka jam 9, saya duduk-duduk sebentar dan di depannya sembari menunggu loket dibuka. Tak lama setelah dibuka, saya menunjukan paspor saya, dan petugas kantor pos yang ramah cukup bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris, dan paket langsung saya terima. Segala sesuatunya lancar, dan sim card pesanan saya sudah terpasang cantik di HP, dan berjalan lancar dari hari pertama sampai terakhir saya di Jepang.

Keluar dari KIX, saya mencari di mana stasiun kereta berada. Saya sempat terdiam dan berpikir beberapa lama, sambil melihat ke kiri dan ke kanan, memandangi keterangan yang beberapa hanya dalam tulisan Jepang, bingung masalah line mana yang harus saya gunakan, bagaimana cara membeli tiketnya, di mana saya harus transit, dan lain sebagainya. Untungnya saya cukup terbantu dengan keterangan dari hostel yang sudah saya save. Perjalanan dengan kereta dari KIX ke stasiun tujuan saya, Fukushima Station, memakan waktu sekitar 1 jam, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit menuju penginapan Guesthouse U-En. Letak penginapan ini di wilayah Umeda.

Sepanjang perjalanan, di dalam kereta saya memandang keluar jendela dan berpikir, beneran nih udah di Jepang? Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama (karena pakai transit dulu di KLIA2), juga pakai acara susah tidur, walau dengan muka agak zombie, saya bersemangat menempuh perjalanan hari pertama.

Sampai di penginapan, walaupun belum waktu check-in, saya sempat numpang mandi (biar tetap cakep kalau difoto), ganti baju , dan beristirahat sebentar. Tiba-tiba waktu (atau mungkin perut) sudah menunjukan bahwa sudah saatnya makan siang. Ketika berjalan dari Fukushima Station menuju ke Guesthouse U-En, saya melihat beberapa restoran yang cukup menarik perhatian.

Karena sekalian mau jalan lagi sehabis itu, dan memang via Fukushima Station lagi, jadilah saya mampir di salah satu restoran yang jangan tanya saya namanya apa, karena sayapun tak bisa membacanya, yang saat itu banyak diisi oleh bapak-bapak serta pria-pria muda berjas. Nampaknya tempat ini ramai dikunjungi karyawan kantoran ketika jam makan siang.

Baru pertama kali makan di Jepang, saya dan teman sudah disambut dengan kecanggihan di mana kami harus memesan via mesin. Untungnya dua wanita ini tidak gaptek-gaptek amat dan berhasil juga memesan meal via machine. Meal ticket yang sudah tercetak dari mesin kami serahkan ke pelayan dan kamipun duduk manis menanti makanan kami.

Ini menu makanan saya, nasi dengan potongan pork belly, juga telur setengah matang, yang ditemani dengan miso soup seharga JPY 570, not bad yah. Rasanya? ENAK!

Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan ke Osaka Station City. Stasiun yang satu ini sangat ramai! Mungkin juga karena hari itu memang sedang tanggal merah di sana. Di sekitar Osaka Station City ini terdapat berbagai gedung-gedung pusat perbelanjaan. Hari itu di depan Osaka Station City nampaknya juga sedang ada semacam Food Expo di mana banyak keluarga-keluarga menjual berbagai jenis sayur, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Dari Osaka Station City, saya jalan kaki sekitar 15 menit menuju ke Umeda Sky Building, salah satu gedung tinggi terpopuler di Jepang. Untuk naik ke Floating Garden Observatory, kita harus membayar tiket seharga JPY 800.

Dari Floating Garden Observatory, kita dapat melihat pemandangan kota Osaka yang yaaah, gak sebutek Jakarta lah langitnya.

Dari Umeda Sky Building, saya yang kayaknya agak hobi jalan kaki ini kalau ke luar negeri, memutuskan untuk berjalan kaki sekitar setengah jam  kembali ke penginapan, yah supaya kurusan juga lah (lumayan, selesai liburan 2kg luntur dari tubuh ini). Pikir saya sembari berjalan kaki, wah Osaka ini enak yah, jalanannya dan suasananya sepi, banyak yang naik sepeda, namun pikiran itu berubah setelah ke daerah Dotonbori (oke tunggu lanjutan post saya sampai hari ke 12). Berhubung masih late spring, acara jalan kakipun cukup nyaman karena udaranya makin sore makin dingin.

Karena lelah dan bingung mau makan malam di mana, saya dan teman saya akhirnya mampir ke 7 11, dan jajan-jajan di sana. Oh konbini begitu menyenangkan! Kami juga sempat jajan takoyaki (salah satu makanan yang wajib dimakan di Osaka) di dekat penginapan.

Royal Mik Tea - JPY 142, Onigiri - JPY 100, Caramel Pudding - JPY 200

Takoyaki - JPY 400

Salah satu pengalaman unik saya di Jepang terjadi di Guesthouse U-En ketika saya sedang duduk-duduk di living room menikmati jajanan saya, dan tiba-tiba seorang cewe di depan saya menawarkan chips yang sedang dia makan. Saya menanyakan dari mana dia berasal, dan si cewe bilang dari Korea. Jadilah dengan segala pengetahuan bahasa Korea saya yang didapat dari nonton drama dan variety show, dan keterbatasan bahasa Inggris si anak cewe tersebut kami masih bisa ngobrol-ngobrol membahas celebrity dan acara Korea.

Hari pertama saya di Jepang memang saya sengajakan tidak terlalu banyak aktivitas atau tempat yang dikunjungi, karena saya sudah tahu saya akan susah tidur di pesawat, dan juga karena besoknya saya akan main seharian di Universal Studios. Fiuuh! Akhirnya selesai juga saya mengetik rangkuman hari pertama ini, see you in Universal Studios soon!

Osaka Station City

Umeda Sky Building

-------

JAPAN TRIP SERIES 2017
Konnichiwa! I'm back!
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Preparation and Cost
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Back to Dotonbori
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Fall Foliage at Minoo Park and Quick Visit to Kuromon Market
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Autumn in Kyoto
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: A Day In Takayama
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: November Snow at Shirakawa-Go

JAPAN TRIP SERIES 2015

1. Nia ayoo teruskan cerita nya ! Ganbatte !!

2. Wuii pork belly nya keliatannya enak banget ya...
    Ditunggu cerita di universal nya... Harry Potter ya... :)

Pieces of My Blog

review (334) food (322) seafood (99) Central Jakarta (87) chicken (80) rice (79) pork (76) travel (69) japanese cuisine (67) noodle (67) South Jakarta (64) indonesian cuisine (62) beef (61) West Jakarta (58) desserts (55) dessert (52) italian cuisine (51) cake (48) chinese cuisine (47) pasta (47) japan (33) Grand Indonesia (32) daily (32) soup (32) american cuisine (30) North Jakarta (27) ice cream (27) korean cuisine (27) japan trip (26) PIK (21) salad (20) Central Park (19) burger (19) dim sum (19) jalan-jalan jepang (19) miscellaneous (19) pizza (19) steak (18) thoughts (18) South Korea (15) backpacker jepang (15) biaya ke jepang (15) kway teow (15) Plaza Indonesia (14) duck (14) jepang (14) thai cuisine (14) yogyakarta (14) hotel (13) persiapan ke jepang (13) sushi (13) indian cuisine (12) ramen (12) singapore cuisine (12) french cuisine (11) family (10) singapore (10) Pacific Place (9) coffee shop (9) friends (9) japan trip 2019 (9) senopati (9) Seoul (8) all you can eat (8) autumn in japan (8) chocolate (8) doodling (8) fine dining (8) kopitiam (8) tex-mex cuisine (8) Gandaria City (7) Puri Indah (7) Serpong (7) event (7) fashion (7) hokkaido (7) milk tea (7) osaka (7) tokyo (7) Hong Kong (6) Mal Puri Indah (6) Taman Anggrek (6) brunch (6) pastry (6) scbd (6) tea (6) thailand (6) thamrin (6) Taman Ratu (5) backpacker korea (5) fall in japan (5) japan trip 2017 (5) kyoto (5) lamb (5) looklet (5) malaysia (5) mocktail (5) sashimi (5) travel korea (5) Kota Kasablanka (4) Plaza Senayan (4) coffee (4) dutch cuisine (4) gapyeong (4) itinerary korea (4) japan trip budget (4) malaysian cuisine (4) meatball (4) mexican cuisine (4) phuket (4) sandwich (4) snack (4) vegetarian (4) Alam Sutera (3) Citywalk Sudirman (3) Jeju (3) Lotte Shopping Avenue (3) Mangga Besar (3) Muara Karang (3) Senayan City (3) Setiabudi One (3) biaya korea (3) bsd (3) buffet (3) cocktail (3) curhat colongan (3) curry (3) disneyland (3) fast food (3) itinerary jepang (3) jalan-jalan korea (3) menteng (3) mobile apps (3) peranakan cuisine (3) porridge (3) sapporo (3) spanish cuisine (3) sudirman (3) theme park (3) Gatot Subroto (2) Panglima Polim (2) Sabang (2) Taiwanese Cuisine (2) bangkok (2) biei (2) bsd city (2) busan (2) delivery (2) feed (2) foie gras (2) fruit (2) furano (2) german cuisine (2) green ville (2) hakodate (2) hokkaido rail pass (2) idol (2) ismaya (2) jalan panjang (2) jogja (2) karawaci (2) martabak (2) mood (2) mushroom (2) music (2) otaru (2) pembuatan visa korea selatan (2) petite france (2) photoraphy (2) ramadhan (2) rooftop (2) satay (2) shabu-shabu (2) shirakawa go (2) sky dining (2) smoothies (2) supermarket (2) tangerang (2) tempura (2) the breeze (2) transportasi jepang (2) visa jepang (2) visa korea ditolak (2) visit korea (2) wine (2) yokohama (2) Bogor (1) Cisarua (1) FX (1) Femina (1) Femina FoodLovers (1) For Sale (1) Hajime Ramen House (1) Juanda (1) Kuningan (1) Kuningan City (1) Living World (1) MKG (1) Mal Ciputra (1) PX Pavilion (1) Pesanggrahan (1) Sentul (1) Slipi (1) Tangerang Selatan (1) Tebet Green (1) World Street Food Congress 2013 (1) aeon mall (1) airasia jepang (1) airport (1) alcohol (1) art (1) asakusa (1) asisten pribadi (1) backpacker ke korea (1) bakso (1) bandung (1) bar (1) beach (1) belgian cuisine (1) best ramen Jakarta (1) bintaro (1) bread (1) breakfast (1) british cuisine (1) bubur ayam (1) buka puasa (1) cake shop (1) celebrity chef (1) cheap eats korea (1) chicken rice (1) christmas (1) citos (1) comfort food (1) cookies (1) croissant (1) de ritz building (1) disneysea (1) diy (1) doraemon (1) dotonbori (1) emporium pluit (1) fish (1) foliage (1) food bazaar (1) food court (1) fuglen (1) fujiko f. fujio (1) fusion (1) garden korea (1) gelato (1) gion (1) gotemba (1) gotemba premium outlet (1) gusung macan (1) gwangali (1) haeundae (1) hakone (1) high tea (1) home-made cuisine (1) hotdog (1) htiachi seaside park (1) intiland tower (1) jepang mahal (1) jr pass (1) juice (1) kawasaki (1) kebayoran (1) kelapa gading (1) kemang (1) kemayoran (1) kempinski (1) kepulauan seribu (1) kiyomizu dera (1) korail pass (1) kushiyaki (1) lake toya (1) lighting festival (1) lippo mall kemang (1) lippo mall puri (1) macau (1) makan apa di myeongdong (1) makan murah di korea (1) mal kelapa gading (1) mandarin oriental (1) meguro (1) membabibuta (1) middle eastern cuisine (1) midplaza (1) milkshake (1) moroccan cuisine (1) mutton (1) myeongdong (1) myeongdong food guide (1) nami island (1) nara (1) one belpark (1) pancake (1) penang (1) pengajuan visa korea (1) persiapan jepang (1) persiapan ke korea (1) pho (1) pim (1) pondok indah (1) por que no (1) portugese cuisine (1) prayers (1) promo (1) pulau balik layar (1) pulau bulat (1) pulau gosong (1) pulau harapan (1) pulau macan (1) pulau perak (1) radio dalam (1) ramen Jakarta (1) ramen PIK (1) recipe (1) restoran myeongdong (1) roxy (1) running man haha restaurant (1) sausage (1) sekapur sirih (1) sekosani (1) semanggi (1) seoul food guide (1) set menu (1) shinsaibashi suji (1) shopping (1) sogo (1) sop buntut (1) starbucks (1) starbucks reserve (1) stea (1) steak ramen (1) street food (1) suki (1) sundanese food (1) sunday brunch (1) swiss cuisine (1) takayama (1) the garden of morning calm (1) tips (1) toast (1) tokyo disneyland (1) toyako (1) transportasi korea (1) traveloka (1) turkey (1) turkish cuisine (1) tv (1) udon (1) umeda (1) universal studios (1) valentine (1) vegan (1) venison (1) vietnamese cuisine (1) voucher (1) waffle (1) warisan kuliner (1) wedding venue (1) winter in japan (1) wolter monginsidi (1) yanaka ginza (1) yesboss (1)