Pages

8.9.15

JAPAN TRIP: DAY 3 Kaiyukan (Osaka Aquarium) & Osaka Castle

Akhirnya saya kembali dengan rekap Japan Trip saya yang ternyata sudah 4 bulan lalu, dan saya baru akan membahas hari ke-3. Forgive me for being a moody blogger. Jadi hari ke-3 saya masih berada di Osaka, dan jadwal saya hari itu adalah mengunjungi Kaiyukan atau dikenal sebagai Osaka Aquarium dan juga Osaka Castle.

Kaiyukan terletak Tempozan Harbor Village di area Osaka Bay di pinggir laut. Kalau menuju ke Kaiyukan dengan kereta, kita dapat berhenti di Osakako Station lalu berjalan kaki sekitar 5-10 menit ke tempat ini. Bangunannya berbentuk unik dan sangat mudah dikenali, berwarna merah dan biru dengan gambar ikan-ikan di dindingnya.

Harga tiket masuk ke Kaiyukan adalah JPY 2,300, dan jam bukanya adalah mulai jam 10 pagi sampai dengan jam 8 malam.

Oh that tanned faces. Thanks to Universal Studios!

Ada spot foto sebelum masuk ke area exhibition, kita dapat membeli foto dari fotografernya ataupun sekedar minta difotoin dengan kamera kita sendiri. Oke, pose ala romantis di atas, bukan keinginan kami, tapi atas arahan fotografernya.

Untuk melihat list exhibition apa saja yang ada di Kaiyukan, kalian bisa mengecek link ini. Berikut beberapa makhluk yang sempat saya apelin di Kaiyukan.

Di Kaiyukan saya banyak bertemu dengan anak-anak sekolahan yang sedang study tour. Kangen yah jadi anak sekolahan, tidak banyak yang dipikirkan #curcol. Seru nampaknya melihat mereka yang sedang duduk-duduk di luar, di atas alas, dan menikmati makan siang.

Ada juga souvenir shop di Kaiyukan. Sayang sekali saya lupa memfoto tokonya, tapi banyak sekali souvenir lucu seperti boneka-boneka berbagai hewan laut lucu, juga makanan kering dengan packaging menarik di sana. Benar-benar harus kuat iman di Jepang sana, kalau mau dompet selamat.

Di sebelah Kaiyukan, kita dapat menemukan Tempozan Marketplace, juga Tempozan Ferris Wheel. Jadi setelah mengunjungi ikan dan kawan-kawannya, saya mampir ke Tempozan Marketplace untuk makan siang.

Di dalam Tempozan Marketplace terdapat Naniwa Food Theme Park yang beratmosfirkan kedai-kedai tradisional Jepang dan di dalamnya terdapat berbagai kedai yang menyajikan makanan-makanan khas Osaka seperti okonomiyaki dan takoyaki.

Pada akhirnya saya tidak jadi memesan makanan di Naniwa Food Theme Park, namun di food court yang berada tepat di luarnya. Semangkok Tonkotsu Ramen ini harganya JPY 700.

Dari area Tempozan Harbor Village saya mengarah ke Osaka Castle. Turun dari station, saya dan teman saya sebenarnya tidak tahu harus jalan ke arah mana, pada akhirnya kami mengandalkan google maps (hidup internet!) untuk mengarahkan kami ke Osaka Castle Museum.

Kami melewati taman yang cukup luas dengan banyak pohon rindang dan teduh. Oh how I miss this kind of park. Seingat saya, cukup lama jalan yang harus kami tempuh menuju ke Osaka Castle.  Untung kaki saya sudah cukup tahan banting.

Dan akhirnya terlihat juga bangunan Osaka Castle yang merupakan salah satu landmark populer Jepang. Kini Osaka Castle telah menjadi museum yang di dalamnya terdapat exhibition yang menampilkan sejarah seputar castle ini dan dapat kita kunjungi dengan membayar JPY 600. Museum ini dapat kita kunjungi mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore.

I really love the surroundings of Osaka Castle, so pretty and peaceful.

Dan biasa yah, baru pertama kali ke Jepang jadinya agak norak kalau lihat vending machine, saya akhirnya mencoba membeli es krim dari vending machine.

Kapan lagi saya bisa duduk-duduk sore di taman dengan pemandangan istana sambil makan es krim Haagen Dazs rasa green tea seharga JPY 350 seperti ini. Oh, I really miss this moment.

And the back side of the castle was pretty as well.

Sore hari banyak anak sekolah dan juga penduduk yang berolahraga di sekitar sini.

Masih satu area juga dengan Osaka Castle, terdapat Osakajo Hall. Sepertinya malam itu ada konser boyband di sana, dan saya melihat banyak anak perempuan yang sedang berjalan dengan sangat rapi dan teratur untuk memasuki arena konsernya. As in, benar-benar rapi dan teratur, santai, gak dorong-dorongan. Pemandangan yang jarang (pake banget) saya temui di sini.

Dari Osaka Castle, kami kembali ke area penginapan kami karena malamnya kami harus berangkat ke Tokyo. Finally we're heading to Tokyo!

Teman saya yang dari tiba di Jepang sudah misah-misuh soal taiyaki akhirnya kesampaian juga jajan taiyaki.

Sejujurnya kami agak bingung mencari makanan di area sekitar penginapan kami, karena kebanyakan yang ada berupa izakaya, namun akhirnya kami menemukan tempat bernama Earth Room ini yang sepertinya cukup menarik.

Tempatnya cukup cozy dan warm (cek google maps di bawah post ini untuk mengetahui lokasinya), dan pemiliknyapun sangat ramah, karena mungkin belum terlalu malam, hanya kami tamu yang datang, dan kami diajak ngobrol dengan bahasa Inggrisnya yang pas-pasan. And sometimes you see how good the place is from their toilet room, and their toilet room was really clean and nice!

Tidak terlalu banyak pilihan makanan di sini, sayapun memesan semacam nasi goreng seharga JPY 1,000 yang rasanya lumayan enak. A nice place it was!

Setelah makan, kami kembali ke penginapan dan karena kami malas naik kereta gotong-gotong koper, kami memilih berjalan kaki ke Umeda Sky Building tempat di mana Willer Express terminal berada. Kalau lagi travelling memang nampaknya saya mendapatkan kekuatan ekstra entah dari mana, sampai-sampai niat banget menggerek dan sesekali mengangkat koper 29" selama lebih dari setengah jam.

Di post tentang preparation, saya sudah membahas bahwa saya menggunakan bus Willer Express sebagai transportasi antarkota. Untuk perjalanan overnight dari Osaka ke Tokyo saya membayar 9,300 JPY. Harga ini tidak fix dan bergantung pada jenis bus yang dipilih juga berapa lama sebelum keberangkatan kita membooking seat. Check their website for more information about Willer Express and booking.

Cukup banyak orang yang menggunakan overnight bus Willer Express ini nampaknya. Di dalam terminalnya terdapat powder room, jadi kalau belum sempat mandi bisa cuci muka dan ganti baju dulu di sini. Untuk toilet kita dapat menggunakan toilet yang ada di dalam gedung.

Agak-agak bingung sih karena pengumumannya menggunakan bahasa Jepang, namun kita juga bisa melihat jadwal keberangkatan di layar yang ada. Untuk jaga-jaga sebaiknya beberapa menit sebelum jam berangkat kita rajin-rajin nunjukin itinerary dan bertanya apakah bus kita sudah ada dan bisa langsung naik.

Seperti ini seat yang saya book untuk perjalanan saya dari Osaka ke Tokyo. Seatnya berupa reclining seat jadi bisa lumayan rebahan di situ dan bagian kakinya juga bisa dinaikkan. Di bagian atas terdapat tudung yang bisa diturunkan, dan juga disediakan selimut.  Semakin malam, lampu dalam bus akan semakin diredupkan, dan suara pengumuman dalam bus akan semakin kecil. Saya bisa tidur lumayan nyenyak di dalam bus ini, walau sebaliknya teman saya kesulitan tidur. Well, that's all for now. See you in Tokyo!

-------

JAPAN TRIP SERIES 2017
Konnichiwa! I'm back!
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Preparation and Cost
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Back to Dotonbori
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Fall Foliage at Minoo Park and Quick Visit to Kuromon Market
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: Autumn in Kyoto
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: A Day In Takayama
JAPAN AUTUMN TRIP 2017: November Snow at Shirakawa-Go

JAPAN TRIP SERIES 2015

1. ayooo lanjut lagi ..need your info nih Niya . he22
    Thanks for sharing

2. sharing2nya bikin ngiri aja nih, pengen banget deh kesana dan menikmati liburan, atau kalau bisa menetap di sana, penasaran juga mau nyobain baju adat di Jepang, kira2 di Indonesia ada gak yah, tapi yang grosiran. hehehe

Pieces of My Blog

review (334) food (322) seafood (99) Central Jakarta (87) chicken (80) rice (79) pork (76) travel (69) japanese cuisine (67) noodle (67) South Jakarta (64) indonesian cuisine (62) beef (61) West Jakarta (58) desserts (55) dessert (52) italian cuisine (51) cake (48) chinese cuisine (47) pasta (47) japan (33) Grand Indonesia (32) daily (32) soup (32) american cuisine (30) North Jakarta (27) ice cream (27) korean cuisine (27) japan trip (26) PIK (21) salad (20) Central Park (19) burger (19) dim sum (19) jalan-jalan jepang (19) miscellaneous (19) pizza (19) steak (18) thoughts (18) South Korea (15) backpacker jepang (15) biaya ke jepang (15) kway teow (15) Plaza Indonesia (14) duck (14) jepang (14) thai cuisine (14) yogyakarta (14) hotel (13) persiapan ke jepang (13) sushi (13) indian cuisine (12) ramen (12) singapore cuisine (12) french cuisine (11) family (10) singapore (10) Pacific Place (9) coffee shop (9) friends (9) japan trip 2019 (9) senopati (9) Seoul (8) all you can eat (8) autumn in japan (8) chocolate (8) doodling (8) fine dining (8) kopitiam (8) tex-mex cuisine (8) Gandaria City (7) Puri Indah (7) Serpong (7) event (7) fashion (7) hokkaido (7) milk tea (7) osaka (7) tokyo (7) Hong Kong (6) Mal Puri Indah (6) Taman Anggrek (6) brunch (6) pastry (6) scbd (6) tea (6) thailand (6) thamrin (6) Taman Ratu (5) backpacker korea (5) fall in japan (5) japan trip 2017 (5) kyoto (5) lamb (5) looklet (5) malaysia (5) mocktail (5) sashimi (5) travel korea (5) Kota Kasablanka (4) Plaza Senayan (4) coffee (4) dutch cuisine (4) gapyeong (4) itinerary korea (4) japan trip budget (4) malaysian cuisine (4) meatball (4) mexican cuisine (4) phuket (4) sandwich (4) snack (4) vegetarian (4) Alam Sutera (3) Citywalk Sudirman (3) Jeju (3) Lotte Shopping Avenue (3) Mangga Besar (3) Muara Karang (3) Senayan City (3) Setiabudi One (3) biaya korea (3) bsd (3) buffet (3) cocktail (3) curhat colongan (3) curry (3) disneyland (3) fast food (3) itinerary jepang (3) jalan-jalan korea (3) menteng (3) mobile apps (3) peranakan cuisine (3) porridge (3) sapporo (3) spanish cuisine (3) sudirman (3) theme park (3) Gatot Subroto (2) Panglima Polim (2) Sabang (2) Taiwanese Cuisine (2) bangkok (2) biei (2) bsd city (2) busan (2) delivery (2) feed (2) foie gras (2) fruit (2) furano (2) german cuisine (2) green ville (2) hakodate (2) hokkaido rail pass (2) idol (2) ismaya (2) jalan panjang (2) jogja (2) karawaci (2) martabak (2) mood (2) mushroom (2) music (2) otaru (2) pembuatan visa korea selatan (2) petite france (2) photoraphy (2) ramadhan (2) rooftop (2) satay (2) shabu-shabu (2) shirakawa go (2) sky dining (2) smoothies (2) supermarket (2) tangerang (2) tempura (2) the breeze (2) transportasi jepang (2) visa jepang (2) visa korea ditolak (2) visit korea (2) wine (2) yokohama (2) Bogor (1) Cisarua (1) FX (1) Femina (1) Femina FoodLovers (1) For Sale (1) Hajime Ramen House (1) Juanda (1) Kuningan (1) Kuningan City (1) Living World (1) MKG (1) Mal Ciputra (1) PX Pavilion (1) Pesanggrahan (1) Sentul (1) Slipi (1) Tangerang Selatan (1) Tebet Green (1) World Street Food Congress 2013 (1) aeon mall (1) airasia jepang (1) airport (1) alcohol (1) art (1) asakusa (1) asisten pribadi (1) backpacker ke korea (1) bakso (1) bandung (1) bar (1) beach (1) belgian cuisine (1) best ramen Jakarta (1) bintaro (1) bread (1) breakfast (1) british cuisine (1) bubur ayam (1) buka puasa (1) cake shop (1) celebrity chef (1) cheap eats korea (1) chicken rice (1) christmas (1) citos (1) comfort food (1) cookies (1) croissant (1) de ritz building (1) disneysea (1) diy (1) doraemon (1) dotonbori (1) emporium pluit (1) fish (1) foliage (1) food bazaar (1) food court (1) fuglen (1) fujiko f. fujio (1) fusion (1) garden korea (1) gelato (1) gion (1) gotemba (1) gotemba premium outlet (1) gusung macan (1) gwangali (1) haeundae (1) hakone (1) high tea (1) home-made cuisine (1) hotdog (1) htiachi seaside park (1) intiland tower (1) jepang mahal (1) jr pass (1) juice (1) kawasaki (1) kebayoran (1) kelapa gading (1) kemang (1) kemayoran (1) kempinski (1) kepulauan seribu (1) kiyomizu dera (1) korail pass (1) kushiyaki (1) lake toya (1) lighting festival (1) lippo mall kemang (1) lippo mall puri (1) macau (1) makan apa di myeongdong (1) makan murah di korea (1) mal kelapa gading (1) mandarin oriental (1) meguro (1) membabibuta (1) middle eastern cuisine (1) midplaza (1) milkshake (1) moroccan cuisine (1) mutton (1) myeongdong (1) myeongdong food guide (1) nami island (1) nara (1) one belpark (1) pancake (1) penang (1) pengajuan visa korea (1) persiapan jepang (1) persiapan ke korea (1) pho (1) pim (1) pondok indah (1) por que no (1) portugese cuisine (1) prayers (1) promo (1) pulau balik layar (1) pulau bulat (1) pulau gosong (1) pulau harapan (1) pulau macan (1) pulau perak (1) radio dalam (1) ramen Jakarta (1) ramen PIK (1) recipe (1) restoran myeongdong (1) roxy (1) running man haha restaurant (1) sausage (1) sekapur sirih (1) sekosani (1) semanggi (1) seoul food guide (1) set menu (1) shinsaibashi suji (1) shopping (1) sogo (1) sop buntut (1) starbucks (1) starbucks reserve (1) stea (1) steak ramen (1) street food (1) suki (1) sundanese food (1) sunday brunch (1) swiss cuisine (1) takayama (1) the garden of morning calm (1) tips (1) toast (1) tokyo disneyland (1) toyako (1) transportasi korea (1) traveloka (1) turkey (1) turkish cuisine (1) tv (1) udon (1) umeda (1) universal studios (1) valentine (1) vegan (1) venison (1) vietnamese cuisine (1) voucher (1) waffle (1) warisan kuliner (1) wedding venue (1) winter in japan (1) wolter monginsidi (1) yanaka ginza (1) yesboss (1)